Apk Stores
more_vert
arrow_back
15 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Lingkungan 15 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Lingkungan
910 10

Bài viết 15 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Lingkungan

15 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Lingkungan
Belajar Ilmu Lingkungan 




Kita hidup di zaman yang memiliki banyak tantangan lingkungan yang mengancam keberadaan makhluk hidup dan tidak hidup. Bumi tempat kita bernafas, makan, dan hidup ini, tidak sesehat yang dulu; jadi alasan utama mengapa Anda harus mempelajari ilmu lingkungan adalah karena itu akan membuat Anda lebih sadar dan peka tentang apa yang terjadi di lingkungan bumi; lebih jauh lagi, itu akan memperbarui Anda tentang masalah lingkungan yang mempengaruhi semua yang ada di dalamnya, dan yang mungkin terus berlanjut sepanjang kehidupan penghuninya.

Dapat dimengerti jika saya terdengar bias ketika saya menyatakan bahwa ilmu lingkungan adalah subjek yang paling penting karena melintasi semua manusia dan makhluk hidup lainnya di dunia. Penting untuk memahami bagaimana Bumi bekerja, bagaimana aktivitas kita memengaruhi kemampuan pendukung kehidupannya, dan bagaimana kita dapat mengurangi dampak negatif lingkungan terhadapnya; tidak ada yang tahu apakah dampak negatif dari aktivitas kita di Bumi juga berdampak negatif pada kosmos yang lebih besar. Banyak masalah lingkungan telah menunjukkan bahwa manusia mungkin telah mengambil sumber daya alam begitu saja; faktanya, fakta-fakta dalam catatan sejarah menunjukkan bahwa selama lebih dari seabad, manusia telah kehilangan beberapa hubungan dengan alam.


Orang-orang tampaknya berpikir bahwa umat manusia lebih pintar daripada alam, dan bahwa alam tidak dapat tahan dengan apa pun atau segalanya - yang tidak benar. Peningkatan baru-baru ini dalam penggunaan teknologi hijau telah menunjukkan bahwa alam memiliki kapasitas untuk melakukan banyak hal tanpa membahayakan kehidupan sejauh yang dimiliki oleh sebagian besar perkembangan ilmiah dan teknologi non-hijau. Dengan mempelajari ilmu lingkungan, Anda akan menyadari bahwa Anda memiliki peran besar dalam melindungi Alam Ibu; sehubungan dengan peran ini, beberapa negara telah memasukkan pendidikan ilmu lingkungan dalam kurikulum mereka di semua tingkatan; untuk misalnya, studi ilmu lingkungan adalah wajib di India, terlepas dari program studi Anda.

Bumi, lingkungannya dan kehidupan manusia saling terkait, dan berjalan bersama - bergandengan tangan. Bayangkan apa yang akan terjadi jika semua sumber daya alam padam; adakah yang akan bertahan? Tidak! Yang benar adalah bahwa kita membutuhkan lingkungan dan sepenuhnya bergantung padanya; Oleh karena itu, adalah tanggung jawab kita bersama untuk menyadari masalah yang mengancam dunia seperti kenaikan suhu global, eksploitasi dan menipisnya sumber daya alam, polusi berlebihan udara, air dan tanah, dan banyak masalah lain yang muncul di TV, media cetak dan media sosial .

Tampaknya orang telah meninggalkan masalah terkait dengan degradasi lingkungan di tangan pemilik bisnis dan pemerintah. Tidak akan ada dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan dunia jika kita meninggalkan tanggung jawab yang begitu besar di tangan pemerintah dan pemilik bisnis tanpa membuat masukan pribadi. Kita tidak dapat berasumsi bahwa udara, air, dan tanah yang bersih akan berkelanjutan ketika kita berdiri dan memandangi cara-cara mereka tercemar, tanpa melakukan apa pun untuk melindunginya. Setiap orang harus bergandengan tangan untuk melindungi dan mempertahankan sumber daya planet kita karena kita adalah orang-orang yang mencemari sumber daya itu, dan menggunakan secara berlebihan dan salah mengelola sumber dayanya - dan kita adalah satu-satunya makhluk hidup yang sangat mampu mengambil tindakan untuk menghentikan dampak negatif tindakan / kegiatan kita .

BELAJAR MENINGKATKAN KESADARAN: MENGAPA KESADARAN PENTING: 

• Kesadaran itu penting karena membantu kita menjadi proaktif daripada retroaktif. Jika Anda belum menciptakan waktu untuk berpikir atau membaca tentang lingkungan, maka Anda harus mulai melakukannya secara konsisten sehingga Anda akan meningkatkan dan mempertahankan kesadaran Anda tentang hal itu. Yang perlu Anda lakukan adalah menyalakan TV atau menonton berita lingkungan online, atau membaca artikel lingkungan - seperti jenis yang Anda baca sekarang. Luangkan sekitar 20 atau 30 menit setiap hari untuk mencari tahu apa yang terjadi sehubungan dengan lingkungan.

• Kesadaran itu penting karena menjaga Anda dari yang tersisa / menjadi bodoh. Ketidaktahuan adalah hambatan terhadap kemajuan; satu-satunya cara kita dapat melawannya adalah dengan mempelajari / memperoleh pengetahuan, dan selalu memastikan bahwa kita mutakhir dengan informasi dan tren terkini. Belajar harus berjalan seiring dengan mengajukan pertanyaan dan mencari jawaban. 

EVOLUSI DUNIA, DAN DAMPAK KEGIATAN MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN

Berdasarkan banyak penelitian dan bukti dari penanggalan karbon, diyakini bahwa Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, dan evolusi kehidupan dimulai sekitar 4 miliar tahun yang lalu. Selama periode ini, kehidupan terus berkembang dan banyak perubahan terjadi di Bumi dan secara bertahap mengubahnya dari lingkungan permusuhan primitif menjadi lingkungan yang maju secara teknologi dan beradab yang telah menghadapi banyak dampak negatif peradaban.

Specie manusia adalah yang telah mengubah Bumi secara drastis selama ribuan tahun terakhir untuk memenuhi keinginan dan aspirasi mereka agar "lebih nyaman". Sementara tanaman dan hewan lain biasanya mengalami perubahan fisiologis dan genetik secara bertahap untuk beradaptasi dengan perubahan cuaca dan lingkungan, manusia dapat mengubah perilaku mereka dan beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang lebih baru dalam beberapa tahun.

Dalam 50 tahun terakhir telah terjadi peningkatan populasi secara drastis, menipisnya sumber daya alam, pencemaran lingkungan yang berlebihan, dan peningkatan produk sampingan yang dihasilkan dari aktivitas manusia secara eksponensial. Perkembangan ilmiah / teknologi membantu umat manusia untuk "maju" di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, keamanan pangan, kemewahan, dll., Tetapi pada saat yang sama sumber daya alam Bumi telah dieksploitasi melebihi kapasitas Bumi untuk " mengisi ulang "atau" memperbaharui "mereka. Singkatnya, sementara umat manusia telah maju secara ilmiah, umat manusia juga telah mencemari badan air, udara, tanah, dan lingkungan alami dengan produk-produk yang dihasilkan sebagai hasil pengembangan. Produk-produk ini dan kegiatan lainnya telah merusak dan menghancurkan habitat, sehingga mengancam keanekaragaman hayati dan keberadaan manusia.

SEKARANG, KEMBALI KE JUDUL POS: "MENGAPA ANDA HARUS BELAJAR ILMU LINGKUNGAN" 

1. Sehingga Anda akan menyadari bahwa masalah lingkungan (baru, lama, dulu dan sekarang) tidak hanya bersifat lokal, tetapi juga global. Sangat lucu bahwa banyak orang awam tidak tahu apa itu "pemanasan global", terutama di banyak kota dan daerah pedesaan di Afrika. Studi tentang ilmu lingkungan akan memberi tahu Anda tentang masalah lingkungan seperti pemanasan global, perubahan iklim, penipisan lapisan ozon, hujan asam, dan dampak negatif dari plastik terhadap lingkungan laut dan keanekaragaman hayati, yang bukan hanya masalah nasional / lokal tetapi juga masalah global . Upaya dari para ahli dan kita masing-masing akan diperlukan untuk mengatasi masalah ini secara langsung.

2. Sehingga Anda akan memahami bagaimana dampak pembangunan, peningkatan populasi, infrastruktur, dan sistem transportasi berpengaruh negatif terhadap lingkungan dan ekosistem alami; pengetahuan ini akan membuat Anda lebih peduli dengan lingkungan, dan berpikir tentang cara melindunginya lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. 

3. Sehingga Anda dapat membiasakan diri dengan solusi yang tersedia untuk berbagai masalah lingkungan yang disebabkan oleh kebersihan yang buruk, pemborosan energi, dll., Dan menerapkannya dengan cara yang akan menciptakan dan melestarikan lingkungan yang lebih sehat untuk generasi mendatang. 

4. Sehingga Anda akan menyadari implikasi lingkungan dari kegiatan / tindakan Anda, dan menggunakan pengetahuan itu untuk mencegah / mengendalikan polusi lebih lanjut, dan secara efisien memanfaatkan sumber daya yang Anda hubungi setiap hari.

5. Sehingga Anda akan tahu cara menggunakan berbagai metode pencegahan / pengendalian polusi dan menciptakan lingkungan yang kurang berpolusi atau bebas polusi yang mengandung udara bersih, air, makanan, dan tanah. 

6. Sehingga Anda akan menggunakan sumber daya seperti air, tanah, mineral dan bahan bakar fosil secara efisien, dan dengan utilitas maksimum dan pemborosan minimum, dengan menggunakan strategi konservasi dan daur ulang. 

7. Sehingga Anda akan menyadari bahwa lingkungan dapat dipertahankan melalui kombinasi berbagai disiplin ilmu, atau pengetahuan antar-disiplin - dan Anda akan menunjukkan lebih banyak perhatian / kepedulian terhadap semua elemen alam, dalam setiap perjalanan hidup Anda, dan dalam secara holistik.

8. Sehingga Anda akan selalu sadar akan tanggung jawab kolektif kami untuk melewati dunia yang lebih nyaman dan layak huni ke tangan generasi berikutnya. Untuk melakukan ini, kita masing-masing harus memikirkan bagaimana hidup lebih berkelanjutan sebagai masyarakat kolektif sehingga tidak akan ada dampak negatif yang mengancam terhadap lingkungan. 

9. Sehingga Anda, seperti para spesialis, dapat meningkatkan pengetahuan yang Anda miliki dan menyesuaikan penerapannya dengan cara yang akan membantu Anda dan dunia untuk mengurangi perubahan lingkungan, atau menghentikannya sepenuhnya. Adalah mungkin bagi siapa saja (orang awam, ilmuwan, atau spesialis) yang merefleksikan secara mendalam pada lingkungan untuk menghasilkan ide untuk mengatasi masalah yang terkait dengannya.

10. Sehingga Anda akan memiliki pemahaman spesialis tentang dunia di sekitar Anda. Apakah Anda tahu apa yang bisa / akan terjadi jika sampah berserakan di rumah Anda tanpa pandang bulu? Apakah Anda tahu bagaimana mikroba tanah mempengaruhi kesehatan manusia? Tahukah Anda bagaimana perubahan iklim memengaruhi kesehatan hewan dan pohon di sekitar kita secara negatif? Apakah Anda tahu bagaimana kebijakan lingkungan berdampak pada keberlanjutan dan energi alternatif? Nah, studi ilmu lingkungan akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, dan banyak lagi.

11. Sehingga Anda akan sadar tentang cara hidup berkelanjutan lain yang telah ditemukan oleh para ilmuwan, spesialis dan beberapa orang awam: Kelestarian lingkungan tidak mengusulkan bahwa orang tidak boleh hidup dengan gaya hidup mewah, tetapi ia menganjurkan agar orang-orang sadar tentang cara meminimalkan penggunaan / konsumsi sumber daya, dan mengontrol pembuangan limbah; ini termasuk meminimalkan konsumsi energi di rumah, menggunakan tempat pembuangan untuk membuang limbah, menggunakan kembali dan mendaur ulang lebih banyak limbah / bahan / produk yang dapat digunakan kembali atau didaur ulang, menggunakan produk ramah lingkungan dan hijau, dll. Dengan cara sumber daya alam saat ini sedang habis, mereka akan mengering dalam waktu singkat, dan ini akan mempengaruhi kelangsungan hidup generasi masa depan.

12. Sehingga Anda bisa menjadi praktisi / advokat untuk konservasi keanekaragaman hayati: Keanekaragaman hayati dapat disebut sebagai berbagai bentuk kehidupan di Bumi. Tingkat kehilangan keanekaragaman hayati dan kepunahan spesies hidup saat ini berada pada titik tertinggi sepanjang masa. Mempelajari ilmu lingkungan dapat membuat Anda menjadi sadar dan menjadi pendukung terhadap tren yang terus-menerus ini.

13. Sehingga Anda akan memahami bagaimana manusia dan organisme hidup lainnya saling bergantung satu sama lain: Studi ilmu lingkungan akan membantu Anda memahami hubungan antara manusia dan organisme hidup lainnya. Manusia mengeluarkan karbon dioksida yang digunakan oleh tanaman untuk fotosintesis. Di sisi lain, tanaman melepaskan oksigen yang digunakan manusia untuk bernafas. Kotoran hewan digunakan sebagai pupuk dan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman dan mikroorganisme lainnya. Manusia dan hewan juga menggunakan tumbuhan sebagai makanan. Singkatnya, Ibu Pertiwi telah membuat tanaman, manusia, dan mikroorganisme saling bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup.

14. Sehingga Anda akan menyadari pentingnya sumber energi terbarukan yang dapat dengan mudah direproduksi, tidak seperti sumber energi tidak terbarukan (seperti bensin, diesel, dll.) Yang tidak dapat dengan mudah diproduksi dan merupakan penyebab utama global pemanasan dan perubahan iklim. 

15. Sehingga Anda akan sadar bahwa Bumi adalah untuk umat manusia, dan semua makhluk hidup lainnya yang secara moral layak mendapatkan perhatian dan perhatian kita. Tidak seorang pun dari kita memiliki hak untuk mengambil semua sumber daya dan membunuh seluruh spesies untuk kita gunakan sendiri. Kami tidak memiliki hak untuk mendorong makhluk hidup lainnya ke kepunahan: semua spesies memiliki hak untuk hidup. 



Gimana? Udah Paham Belum...
Kalau Udah Paham Jangan Lupa Share Ya Teman Teman

Trimakasih Telah Support Selalu Blog Saya Dan Sekarang Blog Saya Sudah Tayang Iklan Google Adsense Nya Hehe Trimakasih Sekali Pagi Gaes... 
Tags: 15 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Lingkungan

[Disscusion] 15 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Lingkungan

close